Pages

Tuesday, June 28, 2016

0
Tips Penting dalam Memilih Sekolah Berkualitas

Tips Penting dalam Memilih Sekolah Berkualitas 


Di Indonesia, lembaga pendidikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah sangat menjamur. Hal ini tentunya cukup menyulitkan para orang tua untuk menentukan sekolah mana yang tepat bagi anaknya? Sekali saja salah memilih sekolah, maka bukan hanya prestasinya yang turun. Akan tetapi juga akan berimbas pada perilakunya dan akan sulit untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, apalagi jika berencana untuk masuk sekolah favorit. Oleh karena itu berikut saya rangkum beberapa tips penting sebelum menentukan lembaga yang cocok untuk mendidik anak Anda.


  1. Perhatikan Akreditasi



Salah satu cara paling mudah untuk menilai apakah sebuah sekolah bagus atau tidak adalah dengan menilai nilai akreditasinya. Saya sangat menyarankan untuk hanya memilih sekolah yang berakreditasi A, jangan B apalagi tidak terakreditasi. Di sisi lain jangan lupa untuk memperhatikan kualitas jurusan di sekolah tersebut karena akreditasi merupakan nilai keseluruhan dari semua unsur penilaian sebuah sekolah.


Bisa jadi saja, pada sebuah sekolah yang punya empat jurusan misalnya IPA, IPS, Agama, dan Bahasa. Untuk IPA, IPS, dan Agama berakreditasi A sedangkan jurusan bahasanya berakreditasi B. Maka, jika ingin memasuki sekolah tersebut sangat tidak disarankan untuk masuk ke jurusan bahasanya.


  1. Lihat Profil Alumni Sekolah Tersebut



Hal ini juga merupakan sallah satu hal yang penting. Karena kualitas suatu sekolah dapat dilihat dari anak yang telah lulus dari sekolah tersebut. Perhatikan bagaimana perilakunya di masyarakat dan perhatikan pula apakah dia berhasil untuk meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi yang difavoritkan atau tidak. Jika iya, maka sekolah tersebut tergolong ke dalam sekolah yang bagus. Dan jika tidak, sangat tidak disarankan untuk menyekolahkan anak di sekolah tersebut.


  1. Perhatikan Prestasi



Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa sekolah-sekolah yang bagus pasti memiliki segudang prestasi di tingkat nasional dan internasional. Pastikan, sekolah yang anak Anda akan tuju selalu mendapatkan prestasi setidaknya di tingkat nasional setiap tahun. Karena biasanya sekolah-sekolah yang berhasil berprestasi di tingkat nasional termasuk ke dalam sekolah yang memiliki kualitas tinggi.


Sekian tips-tips penting yang harus diperhatikan sebelum menyekolahkan anak pada suatu lembaga. Tips-tips ini harap diterapkan karena dengan semakin menjamurnya jumlah sekolah di Indonesia semakin sulit pula untuk mencari lembaga yang dapat membimbimng anak-anak kita dengan baik. Sedangkan proses belajar pada jenjang tersebut sangat penting karena akan menentukan karakter pribadi seseorang dan dapat menentukan masa depan mereka.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 komentar:

Post a Comment

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards