Pages

Tuesday, June 28, 2016

0
Jangan Ikut Olimpiade Jika Tidak Siap Dengan Hal Berikut

Jangan Ikut Olimpiade Jika Tidak Siap Dengan Hal Berikut

Mengikuti kegiatan olimpiade, memang di satu sisi menghasilkan banyak sekali manfaat sekalipun tidak berhasil membawa pulang sebuah medali. Akan tetapi, segala sesuatu yang memiliki keuntungan besar selalu memiliki resiko yang harus diambil. Begitu juga dengan mengikuti kegiatan olimpiade. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika kita memutuskan untuk mengikuti olimpiade
  1. Ketinggalan Banyak Pelajaran



Hal ini merupakan salah satu hal mutlak yang pasti akan terjadi jika mengikuti olimpiade. Dikarenakan agar bisa meraih hasil yang maksimal, maka para siswa peserta olimpiade dituntut untuk fokus pada mata pelajaran olimpiadenya dan melupakan mata pelajaran yang lainnya.


Misalkan saja, untuk tingkat kabupaten saja setidaknya ada waktu sekitar satu bulan untuk bimbingan secara penuh tanpa masuk ke kelas sama sekali. Belum lagi ketika lolos ke tingkat provinsi dan nasional, pelatihan nasional pertama, kedua, ketiga, dan keempat hingga ke tingkat internasional. Jika ditotal, maka pelajaran yang sudah tertinggal ada sangat banyak. Terutama jika kita berencana untuk ikut olimpiade dua kali.


Memang, untuk pelajaran sekolah lainnya tetap akan mendapat nilai walaupun tidak mengikuti ulangan dan kuis (tergantung kebijakan sekolah). Tapi tetap saja, nilainya mungkin tidak akan terlalu bagus dan harus berjuang lebiih ketika ingin mengikuti Ujian Nasional (UN).


  1. Dikucilkan teman



Hal ini juga merupakan hal yang harus siap diterima oleh anak-anak peserta olimpiade. Tidak jarang, orang-orang yang mengikuti olimpiade akan kurang disukai terutama oleh anak-anak yang tidak ikut olimpiade. Hal ini dikarenakan perlakuan istimewa yang biasanya diberikan kepada anak-anak olimpiade. Mulai dari mendapat makanan istimewa, tempat istimewa, jalan-jalan, pemakaian telepon genggam dan laptop yang bebas dan lain sebagainya.


Apalagi biasanya anak olimpiade biasanya akan jarang berinteraksi dengan anak-anak yang tidak ikut olimpiade karena jarang masuk kelas. Dan di sisi lain, terkadang ada beberapa pihak pegawai yang juga menganggap bahwa anak-anak olimpiade memiliki karakter yang kurang baik terutama sombong (walaupun sebenarnya orang tersebut tidak sombong).


Nah, bagaimana? Masih berminat menjadi peserta olimpiade? Atau menjadi siswa biasa-biasa saja? Yang jelas bagi siapapun yang ingin mengikuti olimpiade. Selain mempertimbangkan berbagai macam keuntungan yang akan didapat, ada baiknya mempertimbangkan pula hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi karena mengikuti olimpiade tersebut agar tidak kaget.


Untuk menjadi anak olimpiade memang dibutuhkan pengorbanan yang besar baik fisik maupun mental. Akan tetapi, hal tersebut setimpal dengan hasil yang akan didapat kedepannya.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards