Pages

Thursday, June 23, 2011

0
Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Fauna

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Fauna

Persebaran flora dan fauna dipengaruhi oleh 3 faktor utama, yaitu penyebab, sarana, dan hambatan persebaran.
a.Penyebab Persebaran
Penyebab terjadinya persebaran, khususnya persebaran spesies hewan antara lain sebagai berikut.
1.Tekanan populasi, yaitu semakin banyak populasi penyebabkan persediaan bahan makanan tidak mencukupi bagi keturunannya. Oleh karena itu, suatu spesies hewan harus bermigrasi untuk mencari maknan di tempat yang lain.
2.Perubahan habitat menyebabkan tidak cocoknya suatu spesies hewan untuk terus berada di derah yang ditempati.
b.Sarana persebaran
Sarana yang digunakan sebagai media dalam persebaran flora dan fauna adalah sebagai berikut:
1.Udara, yaitu melalui kekuatan terbang, atau karena embusan angin,
misalnya oleh angin puyuh atau badai.
2.Air, yaitu melalui kekuatan berenang atau dibawa oleh arus air atau
benda-benda yang terapung.
3.Lahan, yaitu karena adanya gerakan suatu spesies di darat.
4.Pengangkutan manusia, baik secara sengaja maupun tidak.

2.Persebaran Fauna di indonesia
Indonesia berada di antara dua kawasan persebaran fauna dunia, yaitu kawasan Oriental dan Australia. Berbagai jenis fauna yang ada di indonesia meliputi jenis Mamalia lebih dari 500 jenis ), kupu-kupu (lebih dari 100 jenis), reptil (lebih dari 600 jenis), burung ( lebih dari 1.500 jenis), dan amfibi ( lebih dari 250 jenis). Persebaran nya terdiri dari tiga kelompok berdasarkan keadaan geografis, yaitu fauna indonesia barat, fauna indonesia tengah dan fauna indonesia timur.
a.Fauna indonesia barat
Kawasan fauna indonesia barat meliputi pulau sumatra, pualu jawa, pulau kalimantan dan pulau-pulau kecil disekitarnya. Fauna kawasan indonesia barat sering disebut fauana dangkalan sunda. Batas wilayah kawasan fauana Dangkalan Sunda adalah garis Wallace.
Jenis-jenis kawasan dangkalan sunda termasuk tipe Asiatis antara lain gajah, banteng, beruang, orang utan, harimau, tapir , rusa, badak bercula satu, burung elang, ikan pesut( sejenis lumba-lumba dari sungai mahakam), kerbau, babi hutan, buaya, tringgiling, biawak, bunglon, dan kijang.
b. Fauna indonesia tengah
Meliputi Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Nusa tenggara. Jenis- jenis kawasan ini antar lain anoa, babi rusa, kura-kura, biawak,kuskus, kera, tarsius, komodo, buaya, ular, serta berbagai jenis burung, anatara lain burung cenderawasih, maleo, kakatua, nuri, raja udang.
c.Fauna indonesia Timur
Yang meliputi Papua dan pulau pulau kecil di sekitarnya. Wilayah ini sering disebut wilayah fauna Dangkalan Sahul. Jenis – jenis fauna di kawasan Dangkalan Sahul termasuk tipe Australis, antara lain kanguru, wallaby, cenderawasih, kasuari, kakatua, nokdiak (landak irian), opusum laying( pemanjat bergantung), buaya, biawak, kadal dan kura-kura.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards