Pages

Tuesday, June 28, 2016

0
Apa Sih yang Membuat Sekolah Menjadi Unggulan

Apa Sih yang Membuat Sekolah Menjadi Unggulan 

Sekolah pada dasarnya adalah lembaga yang memiliki tugas untuk mendidik para peserta didiknya agar siap untuk menghadapi lingkungan nyata yang keras, berwawasan luas, dan memiliki kepribadian yang baik. Ada banyak sekali sekolah yang bertebaran di Indonesia. Namun, tidak banyak dari sekolah-sekolah tersebut yang bisa dikatakan sebagai sekolah unggulan.


Mungkin sebagian dari kita akan ada yang bertanya.
“Loh, memang yang membedakan sekolah unggulan dengan sekolah lain apa? Kan bayar uang sekolahnya sama saja, dan di sana juga tujuannya sama-sama untuk belajar.”


Ya, jika dilihat dari beberapa sisi saja. Memang sekolah unggulan kelihatan sama saja dengan sekolah-sekolah lain pada umumnya. Akan tetapi sebenarnya sekolah unggulan memiliki banyak kelebihan yang pada umumnya tidak dimiliki oleh sekolah biasa seperti berikut ini.


  1. Kualitas Guru yang Lebih Tinggi
Salah satu hal besar yang paling membedakan antara sebuah sekolah unggulan dengan sekolah biasa adalah kualitas dari para gurunya. Pada sekolah unggulan biasanya guru-gurunya memiliki kemampuan mengajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang ada ppada sekolah biasa.


Materi pelajaran yang diajar memang sama. Tapi metode yang biasa digunakan dalam megajarlah yang jauh berbeda di dalam sekolah unggulan. Sehingga pada sekolah biasa mungkin hanya sekedar menyampaikan materi tanpa peduli pada aplikasinya pada kehidupan nyata dan bagaimana materi pelajaran tersebut dapat membangun karakter siswanya yang baik. Lain ceritanya dengan guru berkualitas, materi pelajaran bagi guru yang berkualitas bisa diajarkan dengan cara yang baik sehingga tidak hanya sekedar tahu tapi juga dapat diaplikasikan dan membuat karakter siswa-siswanya menjadi lebih baik.


  1. Fasilitas Sarana dan Prasarana yang Lebih Mumpuni
Hal ini juga menjadi sebuah perbedaan yang cukup penting karena kualitas dalam waktu belajar maupun berbagai kegiatan ekstrakurikuler sangat bergantung pada sarana dan prasarana yang ada sehingga kegiatan bisa berjalan lancar, nyaman dan lebih efektif.


Hal ini biasanya jarang dimiliki oleh sekolah biasa yang peralatannya pas-pasan sehingga membuat kondisi dalam belajar-mengajar menjadi tidak nyaman.


  1. Lingkungan yang Lebih Baik
Lingkungan bisa menentukan karakter dari seseorang. Begitu pula lingkungan sekolah unggulan yang memang sudah di-setting agar selama peserta didik menempuh pendidikan di sekolah tersebut agar dapat tumbuh karakter-karakter yang baik. Hal inilah yang sering dilupakan oleh sekolah biasa yang terkadang kurang peduli dengan pembentukan karakter peserta didik yang juga sangat penting.


Masih ada banyak lagi perbedaan yang ada pada sekolah unggulan dibandingkan sekolah biasa. Sekolah bukan hanya sekedar tempat untuk mencari ilmu tetapi juga merupakan tempat atihan berinteraksi dan pembentukan karakter.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards