Pages

Monday, February 14, 2011

0
Benzena

Benzena merupakan sikloheksena yaitu senyawa siklik yang memiliki ikatan rangkap dua aromatik dengan rumus struktur C6H12. Benzena dilambangkan dalam dua bentuk, yang pertama adalah struktur Kekulé dan yang lainnya adalah heksagon dengan lingkaran di dalamnya untuk menggambarkan adanya resonansi ikatan ʋ atau distribusi elektron yang tersebar merata didalam cincin benzena.


Adanya ikatan rangkap dua pada senyawa sikloheksena ini menunjukkan bahwa benzena termasuk hidrokarbon tidak jenuh, namun pada umumnya benzena tidak berperilaku seperti senyawa tak jenuh.

Benzena, juga dikenal dengan nama C6H6, PhH, dan benzol, adalah senyawa kimia organik yang merupakan cairan tak berwarna dan mudah terbakar serta mempunyai bau yang manis. Benzena adalah sejenis karsinogen. Benzena adalah salah satu komponen dalam bensin dan merupakan pelarut yang penting dalam dunia industri. Benzena juga adalah bahan dasar dalam produksi obat-obatan, plastik, bensin, karet buatan, dan pewarna. Selain itu, benzena adalah kandungan alami dalam minyak bumi, namun biasanya diperoleh dari senyawa lainnya yang terdapat dalam minyak bumi.
Benzena adalah senyawa aromatik, karena memiliki bau yang khas
rumus molekulnya:C6H6
rmums molekul benzena memperlihatkan ketidakjenuhan, tetapi benzena tidak memperlihatkan sifat adisi seperti alkena atau alkuna.Benzena dirumuskan sebagai segi enam denagn 3 ikatan rangkap yang berkonjugasi dan selalu beresonansi .

Tatanama Benzena
Senyawa turunan benzena diperoleh denagn cara menggantikan 1 atau lebih atom h dengan gugus substituen. Bila 1 atom H diganti, maka diperoleh gugus fenil C6H5

Jika dalam senyawa turunan benzena terdapat 2 jenis substituen maka posisi substituen dinyatakan dengan awalan orto, meta dan para atau menggunakan angka.

Tata nama IUPAC:Nama substituen+benzena


Penggunaan benzena dan senyawa turunannya

Fenol :dikenal sebagai asam karbol untuk desinfektan
Toluena :digunakan untuk pembuatan bahan peledak TNT
Anilin :digunakan untuk bahan dazar zat pewarnaan tekstil
Natrium benzoat :untuk pengawet makanan olahan
Asetil salisilat:untuk obat aspirin
benzena :digunakan sebagai pelarut berbagai zat dan bahan dasar pembuatan nilon 66
parasetamol :UNTUK OBAT

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

0 comments:

Post a Comment

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards