Ads 468x60px

Loading
Thursday, October 28, 2010

0
Mikrometer


Mikrometer adalah alat ukur yang dapat melihat dan mengukur benda dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian 0.01 mm


Satu mikrometer adalah secara luas digunakan alat di dalam teknik mesin electro untuk mengukur ketebalan secara tepat dari blok-blok, luar dan garis tengah dari kerendahan dan batang-batang slot. Mikrometer ini banyak dipakai dalam metrology, studi dari pengukuran,
Pada bab ini akan membahas tentang : 1 Jenis 2 Membaca satu mikrometer sistem inci 3 Membaca satu mikrometer metrik 4 Membaca satu mikrometer vernier 5. Acuan
Mikrometer memiliki 3 jenis umum pengelompokan yang didasarkan pada aplikasi berikut :
Mikrometer Luar Mikrometer luar digunakan untuk ukuran memasang kawat, lapisan-lapisan, blok-blok dan batang-batang.
Mikrometer dalam Mikrometer dalam digunakan untuk menguukur garis tengah dari lubang suatu benda
Mikrometer kedalaman Mikrometer kedalaman digunakan untuk mengukur kerendahan dari langkah-langkah dan slot-slot.
Satu mikrometer ditetapkan dengan menggunakan satu mekanisme sekrup titik nada.
Satu fitur yang menarik tambahan dari mikrometer-mikrometer adalah pemasukan satu tangkai menjadi bengkok yang terisi. Secara normal, orang bisa menggunakan keuntungan mekanis sekrup untuk menekan material, memberi satu pengukuran yang tidak akurat. Dengan cara memasang satu tangkai yang roda bergigi searah keinginan pada satu tenaga putaran tertentu.

Spherometer
Dari Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

spherometer adalah suatu instrumen untuk pengukuran yang tepat dari jari-jari bola. Awalnya, instrumen tersebut terutama digunakan oleh opticians untuk mengukur kelengkungan permukaan lensa.
[1] Bentuk biasa terdiri dari sekrup halus bergerak dalam sebuah kacang dilakukan di tengah meja berkaki tiga kecil atau frame; kaki membentuk titik dari segitiga sama sisi. Ujung bawah sekrup dan orang-orang kaki tabel halus meruncing dan berhenti dalam belahan otak, sehingga masing-masing bersandar pada satu titik. Jika sekrup memiliki dua ternyata benang ke milimeter kepala biasanya dibagi menjadi 50 bagian yang sama, sehingga perbedaan antara 0,01 milimeter dapat diukur tanpa menggunakan sebuah Vernier. lensa A, bagaimanapun, mungkin dipasang, untuk memperbesar skala divisi. Sebuah skala vertikal diikat ke meja menunjukkan jumlah keseluruhan ternyata sekrup dan berfungsi sebagai indeks untuk membaca divisi di kepala.

A-level, kontak-tuas halus atau pengaturan kontak listrik dapat disertakan pada spherometer dalam rangka untuk menunjukkan saat menyentuh lebih tepat daripada yang dimungkinkan oleh indra peraba. Untuk mengukur radius e.g-bola. lengkungan dari lensa spherometer-didatarkan dan membaca, kemudian ditempatkan di bola, disesuaikan sampai empat poin menekan sama, dan membaca lagi. Perbedaannya memberikan ketebalan yang sebagian bola terputus oleh pesawat melewati tiga kaki.

Memanggil ini h jarak, dan jarak antara kaki, jari-jari R diberikan oleh rumus:

Sejak spherometer pada dasarnya jenis mikrometer, dapat digunakan untuk tujuan selain mengukur kelengkungan permukaan bola. Sebagai contoh, dapat digunakan untuk mengukur ketebalan piring tipis. Untuk melakukannya, instrumen yang ditempatkan pada permukaan pesawat tingkat sempurna dan sekrup berubah sampai titik hanya menyentuh; Detik tepat saat melakukannya didefinisikan oleh penurunan tiba-tiba perlawanan berhasil oleh banyak peningkatan. Kepala skala dibagi dan dibaca; sekrup ditinggikan; pelat tipis menyelinap ke bawah itu; dan proses akan diulang. Perbedaan antara dua bacaan memberikan ketebalan yang diperlukan.

Demikian pula, instrumen dapat mengukur depresi dalam piring dinyatakan datar. Metode yang akan sama untuk mengukur ketebalan piring, kecuali bahwa bagian mikrometer ditempatkan di atas depresi dan pengukuran diambil di bawah permukaan, bukan di atas.

Jenis instrumen ini sering terlihat digunakan dalam inspeksi pipa minyak alat lapangan untuk lubang permukaan logam, patah tulang, dan kebulatan sebelum dikirim ke situs pengeboran sumur eksplorasi. Lihat bor pipa. Proses inspeksi dirancang untuk menghapus melemah alat pipa, sehingga pipa tidak akan patah selama pengeboran.

Alat pipa dengan tebal dari 1 "dinding untuk tabung 4" diameter hardened steel, dilengkapi dengan kerah meruncing benang yang digunakan kembali setelah pengeboran selesai, dan berdinding tipis tubular sumur minyak-casing adalah di tempat. Elektronik instrumentasi mirip dengan spherometer di desain diubah pada tanaman inspeksi untuk casing, tubing, dan pipa bor. Pengukuran setara di optik akan untuk silinder, atau lensa dengan komponen silinder memiliki sumbu optik, di mana pesawat melalui lensa akan menghasilkan lingkar oval.

Read this | Baca yang ini



Widget by [ Tips Blogger ]

 
tugas | © 2010 by DheTemplate.com | Supported by Promotions And Coupons Shopping & WordPress Theme 2 Blog | Tested by Blogger Templates | Best Credit Cards